Kamis, 31 Maret 2011

PERILAKU KONSUMEN

Pengertian Konsumen

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual kembali (Jawa: kulakan), maka dia disebut pengecer atau distributor.

Pengertian Pendekatan Kardinal Dan Ordinal

Pendekatan Kardinal sering juga dikenal dengan nama pendekatan marginal Utility dimana kepuasan dapat diukur sebagaimana mengukur berat

Pendekatan Ordinal yaitu menganggap kepuasan konsumen tidak dapat dikuantitatifkan, hanya analisis deskritif.

Kepuasan Konsumen dengan Pendekatan Kardinal Ordinal

Kepuasan konsumen dengan pendekatan Kardinal yaitu kepuasan atas sesuatu barang dapat diukur dalam konsep Kardinal, dimana yang sering digunakan adalah sastuan uang

Kepuasan konsumen dengan pendekatan Ordinal yaitu Konsumen tidak perlu mengetahui berapa besarnya kepuasan yang dia dapatkan dari mengkonsumsi sesuatu barang yang dipilih, tetapi cukup membuat peringkat bahwa dia akan lebih mendapatkan kepuasan dengan mengkonsumsi sejumlah barang tertentu dibandingka dengan sejumlah tertentu barang lainnya, tanpa harus menyebut berapa besar lebihnya.

Definisi Elastisitas dan Macam-macam Besaran Elastisitas

Definisi Elastisitas adalah mengukur seberapa besar kepekaan perubahan jumlah permintaan barang terhadap perubahan harga.

Macam-Macam besaran Elastisitas

· Elastisitas Pendapatan perubahan pendapatan berakibat pada derajat kepekaan jumlah barang yang diminta (degan anggapan bahwa harga nominal dan harga relatif kontan). Ukuran untuk mengetahui derajat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta akibat perubahan pendapatan

· Elastisitas Harga perubahan mengetahui derajat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta akibat perubahan pendapatan (perubahan harga yang menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta)

· Elastisitas Harga silang perubahan suatu barang dengan perubahan jumlah barang itu sendiri yang diminta oleh konsumen.

· Elastisitas Penawaran dimana elastisitas sama besarnya dari permintaan dan penawaran

Perbedaan macam-macam elastisitas yaitu dilihat dari dalamnya perminataan berbagai barang dan tingkat penawaran parsial dan karakteristik yang terkandung pada setiap faktor produksi suatu barang.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/